Cara Merakit Pc


          Kali ini saya akan menjelaskan tutorial menggunakan Cisco Simulator. Pada dasarnya, software ini dibuat untuk membatu menggambarkan bahwa seperti inilah cara merakit komputer. Dan berikut adalah reviewnya:



Disini kita dapat memilih, demo apa yang ingin kita lihat. Apakah itu PC biasa atau Laptop.





          Pada review kali ini, saya memilih untuk menu perakitan PC normal, karena saya sendiri juga baru menguasai aplikasi tersebut :D





          Pertama kita akan menjumpai urutan utama, yaitu Power Supply. Saya juga belum begitu menguasai tahap ini karena di menu ini kita tidak dapat melakukan/merakit hal apapun, karena panduan yang diberikan-pun kurang jelas.


          Pada menu selanjutnya, kita akan menjumpai menu Motherboard. Disini kita dapat melakukan simulasi perakitan CPU/Processor, Fan Processor, RAM 1, dan RAM 2. Klik benda yang ingin kita lepas, misal: RAM, Jika ingin melepas RAM, klik RAM dan otomatis RAM akan terlepas. Untuk Memasang kembali, klik dan tahan RAM dibagian slide bawah, dan arahkan ke Slot RAM yang kita lepas tadi.




          Tahap ketiga kita akan menjumpai menu Adapter Card, yang  mana kita dapat melakukan simulasi perakitan NIC, NIC Screw, Wireless NIC, Wireless NIC Screw, Video Adapter/VGA, dan Video Adapter/VGA Screw. Untuk melepas ketiga Adapter ini, lepas dahulu screwnya dengan cara klik bagian screw dibagian atas masing-masing Adapter.




          Di menu keempat ini, saya juga tidak menemukan simulasi perakitan yang dapat kita gunakan, jadi kita dapat skip tahap ini.




          Dimenu kelima ini kita dapat melepas Optical Drive dan Floppy Drive. Cara melepasnya adalah dengan melepas dahulu screwnya dengan cara meng-klik screw yang ada disebelah samping kiri, screw akan otomatis terlepas dan kita dapat langsung melepas Drive nya dengan cara meng-klik Drive tersebut. Saya sendiri mengalami kesulitan untuk memasang kembali Drive tersebut, entah mengapa mungkin karena adanya bug bawaan dari software itu sendiri.




          Dimenu keenam kita akan menjumpai banyaknya kabel internal yang akan kita hubungkan satu per satu. Tetapi jangan khawatir, karena aplikasi ini sudah disertai dengan penunjuk warna yang mana akan memberitahu kita kemana kabel itu harus dihubungkan.
          Dan Menu yang terakhir kita akan menjumpai kabel-kabel yang berada diluar CPU, pasti yang sudah akrab dengan dunia komputer sudah tidak asing lagi dengan kabel-kabel ini. Kabelnya tidak begitu rumit dan mudah untuk melepasnya, cukup klik saja kabel yang ingin dilepas dan kabel secara otomatis akan terlepas. Untuk memasang kembali, klik dan tahan kabel yang ingin kita pasang yang ada dibagian bawah slide.
Sofware ini kompatibel dengan OS:
  • Linux/Ubuntu
  • Windows XP atau lebih baru
  • Mac OS v10.4 atau lebih baru

Comments

Post a Comment

berikan komentar anda !

Popular Posts